File Sitemap xml Tidak Diperlukan di Blog Amp

Assalamualaikum...

Hallo...ini adalah postingan pertama blog baru saya yang awalnya ingin menggunakan template amp (accelerated mobile page) yang katanya sedang direkomendasikan google.

Namun karena ribet, harus banyak utak-atiknya, dan memang membuat blog amp agak berbeda, apalagi untuk menyisipkan gambar di postingan pun harus pake kode, akhirnya saya memutuskan memakai template non-amp saja.

Dan untuk laman kontak dan sitemap pun berbeda dari blog biasa. Jika dipakai di blog amp mungkin tidak akan valid amp.

Dan saat lihat tutorial membuat laman kontak dan sitemap yang valid amp dari kang Adhy cukup ribet juga.

Akhirnya saya cari-cari lagi dari blog berbahasa Inggris barangkali ada cara membuat sitemap amp yang lebih mudah.

Dan akhirnya menemukan website www.seroundtable.com yang menyatakan bahwa file sitemap xml tidak diperlukan di blog amp.

Pernyataan ini berdasarkan apa yang disampaikan oleh John Mueller melalui twitter.

Penggunaan link rel='amphtml' dalam template dianggap sudah cukup untuk google.

Jadi jika ingin menggunakan template amp, gak perlu pusing lagi mikirin bagaimana cara membuat sitemap yang valid amp.

Karena rel='amphtml' mungkin sudah disisipkan oleh pembuat template-nya.

Jika melihat template amphtml buatan Kang Ismet, rel='amphtml' letaknya persis di atas rel='canonical'.

Itulah pengalaman saya saat mencari cara membuat sitemap amp.

Mohon maaf jika kata-katanya ada yang salah atau kurang difahami karena saya hanya blogger pemula, bukan webmaster.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat.
OldestNewer

1 comment