4 Wasiat Berharga Dari Guru

Pada tanggal 30 Juli 2017 saya bersilaturahmi pada seorang ulama, Syaikh Syukur yang saya temukan di internet. Beliau suka mengijazahkan kitab manaqib Jawahirul Ma'ani dan shalawat Jawahirus Saniyah.

Karena kebetulan dekat, jadi saya bisa dengan mudah berkunjung kesana meskipun berbeda kabupaten.

Selain mendapat ijazah kitab manaqib dan shalawat, Beliau memberikan 3 pesan penting pada saya, yaitu:

1. Jangan pernah meremehkan orang lain meskipun secara kasat mata dia terlihat rendah. Karena siapa tahu dia jauh lebih mulia di hadapan Allah dan do'anya lebih mustajab atau bisa saja dia seorang wali Allah.

2. Jika dalam urusan dunia, jangan menengadah ke atas, tapi harus tunduk ke bawah. Karena orang-orang yang di bawah kita pun masih banyak dan mestinya kita harus selalu bersyukur dalam keadaan apapun.

Sebaliknya dalam urusan ibadah lihatlah ke atas supaya kita termotivasi dan ada keinginan untuk meningkatkan ibadah.

3. Diusahakan jangan pernah mau berhutang (khususnya yang mengandung riba).

4. Diusahakan supaya bisa istiqomah dawam Qur'an setiap hari.

Itulah 4 wasiat guru saya yang sangat berharga yang mudah-mudahan saya bisa menjalankannya meskipun dalam prakteknya memang agak berat apalagi dalam menilai orang terkadang suka ada terbersit dalam hati merendahkan orang lain.

Post a Comment