Penyebab Baterai Ponsel Boros Dan Solusinya

Ponsel atau smartphone di zaman sekarang ini sudah bisa dikatakan sebagai barang yang pokok. Karena hampir kebanyakan orang saat ini tidak bisa lepas dari ponsel. Apalagi setelah adanya ponsel pintar membuat hampir semua orang terhipnotis karenanya.

Manusia zaman sekarang ini sulit sekali berpisah dengan ponsel/hp nya baik saat berada di dalam rumah atau saat di luar.

Terkadang yang selalu menjadi masalah saat memegang ponsel di luar rumah adalah masalah keawetan baterainya. Jika hp yang baterainya boros dibawa pergi ke luar agak cukup merepotkan karena harus sering charge baterai.

Penyebab Baterai Ponsel Boros Dan Solusinya

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai ponsel cepat boros. Apalagi smartphone seperti sistem operasi android dan iOS yang menggunakan berbagai aplikasi dalam ponselnya dapat menguras daya baterai.

Penyebab baterai hp boros dan solusinya

Berikut ini adalah beberapa penyebab baterai hp boros pemakaianya dan solusinya yang saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Aplikasi pemakan daya baterai

Sebagai pengguna smartphone baik android ataupun iphone pasti di ponselnya dipasang berbagai macam aplikasi.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada salah satu atau beberapa aplikasi yang bisa memakan daya baterai lebih besar. Sehingga membuat daya pakai baterai menjadi lebih singkat atau boros.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menyedot daya baterai yang besar, bisa dilihat di menu Pengaturan > Baterai.

Jika ada beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting dan menghabiskan daya baterai cukup besar, jangan ragu untuk menghapusnya supaya daya baterai bisa lebih awet.

2. Baterai rusak

Mungkin bisa dikarenakan usia ponsel yang sudah terlalu lama sehingga mengakibatkan daya pakai baterai menjadi lebih cepat habis.

Untuk hal ini bisa dipertimbangkan lagi untuk membeli ponsel terbaru karena produsen ponsel sering mengeluarkan produk-produk ponsel terbaru dengan sangat cepat.

Baterai rusak juga bisa diakibatkan karena colokan charge smartphone terus tersambung sangat lama meskipun batetai sudah penuh 100%. Hal ini bisa mengakibatkan baterai ponsel cepat kembung dan rusak.

Usahakan charge ponsel sampai 100% dan jika sudah penuh jangan lupa untuk segera mencabutnya dari aliran listrik supaya keawetan baterai tetap terjaga.

3. Charger rusak atau tidak sesuai

Gunakanlah charger yang berkualitas baik atau charger asli bawaan dari ponselnya. Karena charger yang kurang baik atau bermasalah akan berpengaruh pada ponsel yang mana akan membuat baterai ponsel menjadi boros.

Jika menggunakan charger yang rusak dan kurang berfungsi bisa membuat ponsel juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Screen Timeout

Screen timeout juga memeiliki peranan dalam keawetan penggunaan baterai ponsel.

Jika hp smartphone terus-terusan dalam keadaan menyala maka akan mengakibatkan beterai ponsel cepat habis. Apalagi saat tidak digunakan waktu menyala ponselnya terlalu lama.

Untuk itu, supaya daya pakai baterai ponsel lebih lama maka persingkatlah waktu sceen timeout ponselnya dalam waktu tertentu. Agar saat ponsel didiamkan tidak dipakai segera padam.

5. Auto Brightness

Fitur auto brightness ini juga bisa memicu pemakain baterai ponsel menjadi lebih boros. Sebenarnya fitur ini sangat membantu bagi pengguna ponsel untuk mengatur kecerahan layar ponsel secara otomatis menyesuaikan keadaan tertentu. Hanya saja resikonya baterai ponsel cepat habis.

Untuk itu ada baiknya diganti pengaturan kecerahan layar ponselnya dari otomatis ke manual. Supaya daya pakai baterai ponsel menjadi lebih panjang.

Itulah 5 penyebab baterai ponsel menjadi lebih boros yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga postingan ini bermanfaat.

Post a Comment