Cara Membuat Link WhatsApp Menuju Chat Langsung Untuk Bisnis Online

Aplikasi chatting WhatsApp cukup memberikan peranan yang cukup penting dalam dunia bisnis online. Apalagi saat ini pelaku bisnis yang memanfaatkan sosial media untuk menjual produk secara online makin terus meningkat.

Ditambah lagi dengan teknologi smartphone yang makin canggih dan penggunanya makin terus bertambah.

Setiap pemilik smartphone baik itu yang berbasis android atau IOS pasti memiliki aplikasi chatting WhatsApp. Dan ini menjadi keuntungan dan peluang tersendiri bagi para pebisnis online untuk mempromosikan produknya.

cara membuat link chat whatsapp langsung menuju halaman chat untuk bisnis online

Nah...saat promosi di medsos untuk mempermudah calon pembeli saat ingin menghubungi chat via WA, supaya mereka tidak perlu repot-repot mengetik nomor WA kita, itu ada triknya. Cara ini juga bisa bermanfaat untuk mengurangi kesalahan orang saat memasukan kontak WA kita sebagai penjual online.

Karena kalau sudah salah ketik, terus si calon pembeli malah salah kirim pesan, bisa-bisa kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli baru.

Dengan menggunakan cara yang akan saya paparkan di bawah ini, kita hanya tinggal menaruh link saja saat sedang promosi di medsos atau dimanapun. Dan saat calon pembeli melakukan klik di link yang kita sematkan, maka akan langsung menuju halaman chat WhatsApp kita tanpa perlu menambahkan kontak WA terlebih dahulu.

Apakah Anda tertarik...??!

Caranya cukup sedehana dan mudah sekali untuk diterapkan. Anda hanya tinggal menyisipkan link seperti di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285220004774

Silahkan ganti nomor WhatsApp di atas dengan nomor WA anda sendiri.

Link di atas ini sebenarnya masih sederhana hasilnya. Dan jika diklik, maka  akan langsung menuju halaman chat kita yang masih kosong. Contoh screenshoot nya seperti di bawah ini.

cara membuat link whatsapp di bitly

Supaya lebih menarik dan mempermudah calon pembeli ada baiknya ditambahkan kata-kata otomatis semacam sebuah format pembelian, seperti nama produk yang ingin dipesan, nama, no hp dan alamat.

Hal ini dilakukan supaya terlihat lebih profesional dan si calon pembeli hanya tinggal mengisi format otomatis yang telah kita buat sebelumnya. Contohnya seperti di bawah ini.

cara share link whatsapp di media sosial

Di bawah ini adalah contoh link WA yang telah menggunakan format pembelian (kata-kata/format isi teksnya yang berwarna merah bisa anda sesuaikan lagi sesuai kebutuhan anda).

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285220004774&text=*Order%20Produk%20HPAI*%0A%0ANama%20%3A%20%0ANomor%20HP%20%3A%20%0AAlamat%20Lengkap%20%3A%20%0ANama%20Produk%20%3A%20

Hasilnya akan seperti gambar di atas. Atau bisa juga melihat hasilnya secara langsung disini.

Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan link tersebut jangan memakai spasi. Karena untuk membuat spasi, baris baru dan tanda baca menggunakan kode HTML.

Adapun kode-kode HTML yang digunakan sebagai berikut:
%20 => untuk spasi
%0A => untuk baris baru
%3A => untuk titik dua (:)
%3B => untuk titik koma (;)
* => untuk membuat tulisan tebal (bold). Cara penulisannya *teks yang diinginkan*
_ => untuk membuat tulisan miring (italic ). Cara penulisannya _teks yang diinginkan_
~ => untuk membuat tulisan digaris tengah. Cara penulisannya ~teks yang diinginkan~

Nah, jika melihat link di atas yang cukup panjang, rasanya kurang enak dilihat jika kita share di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Karena terlalu panjang sehingga kurang enak untuk dilihat. Dan juga sebagian orang yang tidak tahu kode-kode HTML akan mengerenyutkan dahi karena tidak mengerti.

Nah, supaya lebih simple, maka link tersebut perlu diperpendek. Dan untuk memperpendek link tersebut, supaya kita bisa dengan mudah mengingatnya, maka kita perlu memperpendek link URL tersebut menggunakan website URL Shortener atau pemendek link URL secara online seperti contohnya goo.gl milik Google atau bit.ly.

Update...!!!

Pemendek link dari Google yaitu https://goo.gl sudah tidak bisa digunakan lagi sejak 13 April 2018. Jadi bagi kalian yang ingin memendekan link bisa menggunakan bitly saja, atau URL shortener lainnya sebagai alternatif. Dan untuk website bitly pun berubah, dulunya https://bit.ly tapi sekarang menjadi https://bitly.com

Cara memperpendek URL nya cukup mudah, tinggal copy URL WA yang masih panjang, lalu masuk ke https://goo.gl atau https://bit.ly (sekarang berubah menjadi https://bitly.com) kemudian paste-kan URL WA kemudian klik shorten URL.

Inilah contoh link panjang di atas yang telah diperpendek menggunakan goo.gl menjadi https://goo.gl/smo84j dan ini shorten URL menggunakan bit.ly https://bit.ly/2BHukY6.

Dan untuk bit.ly ada keunikan tersendiri, dimana link URL nya bisa kita ubah sesuai keinginan.

Karena secara default disana URL bit.ly nya meskipun pendek tapi masih sulit untuk diingat karena seperti kode, kita bisa ubah link tersebut menjadi lebih mudah diingat. Contohnya seperti link WhatsApp saya di bawah ini.

https://bit.ly/arifherbalhpai

Lebih pendek dan lebih mudah diingat bukan...?!!

Ingin punya link WA yang mudah diingat seperti di atas? Caranya cukup mudah sekali. Syaratnya kita hanya perlu mendaftar di website bit.ly. dan untuk lebih mudahnya, bisa daftar menggunakan akun facebook atau twitter.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

>> Masuk website https://bit.ly kemudian klik "Sign up for free".

>> Setelah selesai melakukan pendaftaran, klik kotak berwarna orange yang bertuliskan "Create Bitlink".

>> Kemudian di kotak putih bertuliskan "Paste long URL" paste-kan link WhatsApp anda yang masih panjang.

>> Link akan otomatis diperpendek tapi masih sulit untuk diingat. Untuk merubahnya, di bagian "Customize" edit dengan kata yang anda inginkan. Untuk bit.ly nya sendiri tidak bisa kita rubah, hanya kode di belakangnya saja.

cara membuat link whatsapp di bitly

Contohnya seperti
https://bit.ly/2BHukY6 menjadi https://bit.ly/arifherbalhpai

>> Jika sudah dirubah custom URL nya sesuai keinginan anda, kemudian klik "Save". Maka URL whatsApp anda telah jadi dan siap untuk di share di media sosial.

Caranya, cukup copy URL tersebut dan paste-kan di media sosial anda.

Cukup mudah bukan? Nah selamat mencobanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan lebih mempermudah serta memaksimalkan promosi jualan online anda dengan memanfaatkan aplikasi messenger WhatsApp sehingga penjualan barang anda secara online bisa lebih maksimal.

Post a Comment