Cara Mengobati Kutu Air Alami di Sela Telapak Kaki Paling Ampuh

Punya sedikit pengalaman dengan penyakit gatal yang cukup mengganggu yaitu kutu air yang ada di sela-sela telapak kaki.

Dalam dunia medis kutu air disebut dengan istilah tinea pedis yang mana merupakan infeksi kulit yang biasanya terdapat pada kaki atau sela-sela jari kaki yang disebabkan oleh jamur (dermatofit).

Jamur ini biasanya akan tumbuh subur di tempat yang hangat, pengap dan lembab, misalnya kamar mandi atau ruang ganti. Hal ini berlaku juga pada kondisi kulit kita yang memiliki kondisi hangat, lembab dan pengap, utamanya pada sela-sela jari kaki.

Penyakit ini rentan sekali menyerang pada orang yang suka melakukan aktivitas di tempat-tempat yang basah dan lembab seperti kamar mandi dan ruang ganti tanpa menggunakan alas kaki.

Kutu air merupakan penyakit yang bisa menular dan dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, kulit pecah-pecah dan mengelupas bahkan bisa menyebabkan nyeri pada kaki.

Adapun ciri atau gejala yang disebabkan oleh kutu air yaitu seperti kulit tampak kemerahan dan gatal, kuku jadi tebal dan mungkin bisa berubah warna, terasa perih jika sudah terkena air, kulit melepuh atau bahkan bisa jadi borok dan kulit kaki mengelupas pada sela-sela jari kaki atau telapak kaki jadi retak.

Tadinya sih saya gak tahu bahwa itu penyakit kutu air.  Hanya saja rasa gatalnya itu yang cukup mengganggu. Gak digaruk, gak tahan,  digaruk lama-lama perih juga. Dan anehnya meskipun perih, tapi gatalnya gak hilang dan malah tambah parah, apalagi jika sudah terkena air.

Obat kutu air di telapak kaki dan tangan yang ampuh
Kutu air di telapak kaki
Gambar:  mediskus.com

Karena kesal akhirnya saya searching di google tentang obat kutu air alami yang cukup ampuh untuk menghilangkan kutu air.

Dari sekian banyak saran obat tradisional kutu air,  akhirnya saya mencoba yang paling gampang dan mudah didapat bahan-bahannya.

Bahannya cukup simple yaitu air panas dan garam dapur. Katanya garam cukup ampuh untuk membasmi jamur secara alami.

Setelah saya coba mencampurkan garam dapur ke dalam air panas, tunggu dulu sampai airnya tidak terlalu panas, kemudian saya celupkan sedikit-sedikit kaki yang ada kutu airnya.

Dan saat airnya sudah hangat baru saya rendam kakinya agak lama.

Ahamdulillah hanya dengan melakukan 2 kali pengobatan saja, hasilnya langsung sembuh dan rasa gatal yang sering mengganggu di sela kaki tidak datang lagi sampai sekarang.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang cara mengobati kutu air di sela-sela kaki dengan bahan alami yang mudah didapat dan cukup ampuh.

Bahan alami lainnya untuk mengobati kutu air membandel

Ada lagi beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagaimana yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Larutan cuka

Larutan cuka ini mengandung asam asetat di dalamnya yang diyakini memiliki sifat anti jamur. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati kutu air yang ada di telapak kaki.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari larutan cuka ini, cukup campurkan 1 cangkir larutan cuka dengan 2 gelas air. Kemudian rendamlah kaki yang telah dibersihkan terlebih dahulu ke dalam campuran larutan cuka tersebut.

Bawang putih

Menurut penelitian, di dalam bawang putih mengandung ajoene yang diduga dapat mengobati kutu air. Dan bawang putih memiliki antibakteri, antiseptik alami dan anti imflamasi sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dan mengobati kutu air di telapak kaki.

Anti imflamasi dalam bawang putih tersebut juga bisa bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat dari garukan rasa gatal kutu air.

Cara pengobatan dengan bawang putih ini cukup mudah, yaitu hanya dengan menumbuk 1 siung bawang putih, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena kutu air.

Balut memakai perban atau kain. Lalu diamkan beberapa jam supaya senyawa yang ada dalam bawang putih itu bereaksi. Kemudian ganti tumbukan bawang putih secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Garam laut

Cara penggunaan garam laut sama seperti yang saya lakukan di atas. Garam laut diyakini memiliki antibakteri dan antijamur yang sangat kuat sehingga bisa dijadikan obat kutu air sekaligus menghambat penyebaran jamur di telapak kaki.

Teh

Teh hijau mengandung polifenol yang diduga bersifat antijamur sehingga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati kutu air yang ada di telapak kaki.

Caranya cukup rendamkan kaki ke dalam seduhan air teh hijau. Jika kulit mengalami pengelupasan dan kemerahan, itu menandakan bahwa kandungan polifenolnya tengah bekerja. Lakukan perawatan ini selama 3 bulan untuk bisa merasakan khasiatnya.

Daun sirih

Daun sirih merupakan bahan herbal yang mengandung antiseptik alami yang bisa digunakan untuk membunuh kuman dan mengobati kutu air.

Cara pengobatan kutu air menggunakan daun sirih ini cukup mudah. Cukup rebus daun sirih kemudian tambahakan garam. Kombinasi daun sirih dan garam ini cukup efektif untuk membunuh kuman dan jamur penyebab kutu air.

Gunakan rebusan air daun sirih dan garam tersebut untuk merendam telapak kaki yang terkena kutu air.

Demikianlah postingan saya tentang cara mengobati kutu air yang ada di telapak kaki. Jika kamu ada masalah dengan kutu air yang membandel, silahkan coba cara yang pernah saya alami atau juga bisa mencobanya dengan bahan lainnya.

Semoga saja bisa berhasil seperti saya. Selamat mencoba...!!!

Post a Comment