Ayat Seribu Dinar Arab Latin & Artinya Serta Cara Mengamalkannya

 Kali ini Arif's Blog akan membahas salah satu amalan sebagai wasilah menarik kekayaan yang sudah sangat masyhur yaitu doa ayat seribu dinar.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengamalkan bacaan ayat seribu dinar, disini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara mengamalkan ayat seribu dinar, dan menunjukan ayat seribu dinar di ayat berapa dan surat apa dalam al quran.

Ayat 1000 dinar ini merupakan potongan ayat 2 dan seluruh ayat 3 dari surat at talaq. Dan penamaan ayat seribu dinar ini tak lepas dari hikayat-hikayat yang diceritakan dalam kitab ulama zaman dahulu.

Ayat seribu dinar adalah doa yang ada dalam surat at talaq ayat 2-3 untuk membayar hutang dan menarik rezeki kekayaan


Hikayat sejarah ayat seribu dinar

Dikisahkan dalam sebuah hikayat bahwa terdapat beberapa orang pedagang yang baru saja berdagang dan akan pulang dari negeri seberang menggunakan perahu kapal.

Di tengah perjalanan, mereka melihat ada seorang kakek tua yang bisa berjalan di atas air permukaan laut. Kakek tua tersebut memghampiri kapal yang mereka tumpangi.

Sang kakek lalu menawarkan sebuah amalan kepada seluruh orang yang ada di kapal tersebut. Yang mana jika amalan tersebut istuqomah dibaca, maka Allah akan memberikan kekayaan, kebahagiaan dan keselamatan dari segala musibah dan kejahatan makhluk. Serta dicintai oleh kaumnya.

Namun si kakek memberikan sebuah syarat bagi yang ingin mendapatkan amalan ini. Siapa saja yang mau, maka dia harus membayar mahar seharga 1000 dinar. Bisa dibayangkan bukan, jika harga 1 dinar = 4,25 gram emas, lalu berapa harga 1000 dinar?

Orang-orang yang ada di kapal tersebut tidak ada yang mau menerimanya. Karena mereka merasa bahwa harga itu terlalu besar.

Tetapi di belakang mereka muncullah seorang pemuda yang mau menerima amalan tersebut. Dia menghampiri kakek tua dan menyerahkan uang 1000 dinar.

Lalu si kakek menyuruh pemuda itu untuk melemparkan uang 1000 dinar tersebut ke laut. Dan pemuda itu menurutinya.

Setelah itu, pemuda tersebut diajarkan sebuah bacaan dan dipesankan untuk selalu istiqomah mengamalkan bacaan doa tersebut tiap pagi dan petang.

Pemuda itu kemudian membaca doa itu dengan penuh keikhlasan dan kekhusyuan.

Setelah berlalu, di tengah lautan terjadilah badai besar dan kapal yang ditumpangi oleh para pedagang oleng, terombang-ambing oleh ombak besar.

Semua penumpang kapal merasa panik dan takut. Dan diantara mereka, si pemuda dalam perasaan takutnya dia selalu membaca doa yang diberikan oleh kakek misterius yang sebenarnya adalah Nabi Khidir AS, sambil memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Dan akhirnya, kapal yang ditumpangi oleh mereka karam karena diterjang badai. Semua penumpang kapal tersebut tewas, kecuali seorang pemuda tadi yang Allah selamatkan.

Saat tersadar, si pemuda tersebut sudah berada di pinggir pantai sebuah pulau. Dia merasa kebingungan dan mencoba menyisir ke sekitaran pantai. Dan dia menemukan sebuah goa yang di dalamnya berisi banyak emas, perhiasan dan makanan.

Meskipun dia menemukan banyak harta dan makanan dalam goa, dia tetap berpikir supaya bisa keluar dari pulau terpencil tersebut. Lalu dia terus membaca ayat yang dia dapatkan saat di kapal sambil memohon kepada Allah supaya diberi jalan untuk bisa keluar dari pulau itu.

Tak lama kemudian Allah memberikan pertolonganNya. Melintaslah sebuah kapal disana dan pemuda tersebut ikut ke dalam kapal tersebut.

Saat perjalanan pulang, terdapat banyak rintangan, karena banyak dari kalangan jin dan syetan yang mencoba mencelakai pemuda tersebut. Dia terus berdoa kepada Allah dengan ayat-ayat tadi sehingga jin dan syetan itu terbakar.

Setelah sampai di kampung halamannya, si pemuda tadi tetap istiqomah mengamalkan bacaan dari kakek misterius. Hingga pada akhirnya Allah memberikan dia kekayaan yang melimpah, bahkan dijadikan seorang raja.

Dan bacaan doa yang diajarkan oleh kakek misterius itu adalah ayat seribu dinar yang kita kenal saat ini.

Cara mengamalkan doa ayat seribu dinar

Kapan waktu yang cocok untuk membaca ayat seribu dinar? Dan dibaca berapa kali?

Sebenarnya ayat seribu dinar ini bisa dibaca kapan saja dan bisa dijadikan dzikiran setiap hari ba'da sholat fardu. Hitungannya berapa pun bagus, apalagi dijadikan dzikiran hati sebagai cara mengingat Allah SWT.

Namun sesuai arahan dari guru yang saya dapatkan bahwa, untuk amalan khusus, bacaan doa wirid ayat seribu dinar ini dibaca setiap pagi dan petang, yaitu setiap ba'da sholat subuh dan sholat maghrib.

Ayat seribu dinar ini dibaca sebanyak 21 atau 41 kali. Dan sebelum membacanya, diawali dulu dengan :

~ Meminta hajat kepada Allah, lalu membaca surat Al Fatihah 1x,

~ Membaca sholawat Jibril 7x,

~ Membaca istighfar 7x,

~ Setelah itu baru membaca ayat seribu dinar sebanyak 21x atau 41x.

Ayat seribu dinar arab, latin dan artinya

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.

Artinya :

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).


Khasiat dan fadilah ayat seribu dinar

Bagi yang istiqomah menjadikan ayat ini sebagai dzikir harian, maka insya Allah Allah akan memberikan benerapa keistimewaan dan keberkahan dari ayat tersebut.

Mendapat pahala dari Allah

Dengan membaca ayat seribu dinar ini berarti membaca salah satu ayat-ayat Al Qur'an dan insya Allah menjadi pahala membaca Al Quran juga pahala dalam mengingat Allah SWT jika dilakukan dengan penuh rasa ikhlas dan kekhusyuan.

Diberi kekayaan yang melimpah oleh Allah SWT

Salah satu keistimewaan ayat seribu dinar ini adalah bisa dijadikan wasilah menarik kekayaan. Insya Allah, Allah akan memberikan kekayaan yang melimpah yang datang dari segala arah, baik dari tempat yang terduga maupun yang tidak terduga. Dan Allah akan meluaskan rezekinya.

Jika Allah telah memberikan semua itu, jangan pernah lupakan Allah yang menjadi sebab pemberi semuanya itu. Banyak-banyaklah beramal kebaikan dengan harta yang diberikan oleh Allah supaya menjadi keberkahan dan bukan istidraj.

Wasilah membayar hutang

Jika merasa pusing dan sulit membayar hutang, bisa dicoba mengamalkan ayat seribu dinar ini dengan memohon supaya Allah segera memberi jalan untuk bisa segera melunasi hutang.

Diberi jalan keluar dari setiap masalah

Insya Allah bagi pengamal ayat seribu dinar ini, jika ditempa dengan berbagai ujian dan masalah hidup, maka Allah akan memberikan jalan keluarnya dengan mudah.

Dijauhkan dari kejelekan makhluk

Dengan istiqomah mengamalkan ini, insya Allah akan dijaga oleh Allah dan dijauhkan dari kejelekan dan kejahatan makhluk, baik itu jin, syetan maupun musuh yang ingin berbuat jahat.

Dicintai makhluk

Pengamal doa ini Insya Allah akan dicintai oleh kaumnya dan orang-orang disekitarnya atas izin Allah SWT.

Itulah beberapa keistimewaan bagi pengamal ayat seribu dinar yang menjadikan doa ini sebagai dzikir harian rutin. Semoga kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dengan banyak mengingat Allah dan memuliakan ayat-ayat-Nya.

OlderNewest

Post a Comment