Skip to main content

Inilah Akibat Buruk Dari Cemburu Yang Berlebihan

Cemburu terhadap pasangan dalam suatu hubungan merupakan hal yang wajar karena itu bisa jadi bukti rasa sayang dan takut kehilangan pada pasangan yang disayangi.

Namun ada kalanya bagi sebagian orang, baik laki-laki atau perempuan ada yang terlalu berlebihan dalam rasa cemburunya. Sehingga memberikan dampak yang buruk terhadap hubungan yang sedang dijalin.

Untuk yang sedang menjalin hubungan, apalagi dalam hubungan rumah tangga sebisa mungkin hindari rasa cemburu yang berlebihan/cemburu buta supaya hubungan tidak retak.

Berpikirlah lebih jauh kedepan tentang dampak negatif yang dapat timbul dari cemburu yang berlebihan.

Bagi seorang istri, cemburu buta tanpa fakta pada suaminya ini merupakan salah satu bentuk ciri kedurhakaan istri pada suami. Jadi sekuat tenaga harus dihindari selama belum ada fakta yang jelas nyata supaya rumah tangga tidak berantakan.

Dan inilah beberapa dampak buruk dari cemburu yang berlebihan terhadap pasangan yang saya rangkum dari okezone.

Menyakiti orang yang mencintaimu

Cemburu memang merupakan bentuk rasa sayang dan takut kehilangan. Tapi jika berlebihan maka akan timbul rasa ketidak-percayaan dan curiga berlebihan pada pasangan.

Yang akibatnya justru pasangan bukannya balik sayang, tapi malah merasa risih dan tersakiti perasaannya. Akhirnya timbul pertengkaran, keretakan dan ketidak harmonisan dalam suatu hubungan keluarga.

Selain itu cemburu buta terkadang mendorong seseorang untuk melakukan suatu kejahatan.

Yang akhirnya bukan hanya dia saja yang mendapat anggapan buruk dari masyarakat, tapi juga pasangan, anak dan orang-orang terdekat.

Menghancurkan kehidupan sosial

Sikap cemburu buta biasanya selalu mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal buruk demi menyingkirkan orang-orang yang membuatnya cemburu.

Orang yang dilingkupi dengan pikiran negatif ini akan dijauhi dan tidak disukai oleh lingkungan sekitar. Sehingga hubungan bersosial pun jadi buruk.

Membuat menderita

Cemburu berlebihan membuat seseorang melihat segala sesuatu hanya dari sisi negatifnya saja. Akibatnya timbullah rasa tidak percaya diri, tidak berharga dan pesimis untuk memulai suatu hal yang baru. Untuk itu mengontrol emosi sangatlah penting.

Berdampak buruk pada kesehatan

Rasa sedih dan takut yang mendalam akibat cemburu berlebihan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Karena hal ini bisa meningkatkan kadar stres sehingga menimbulkan masalah bagi kesehatan seperti sakit kepala, penyakit jantung, asma, penuaan dini atau bahkan bisa berujung kematian.

Cemburu buta juga bisa mengakibatkan depresi dan selalu cemas, yang akhirnya menyebabkan sakit mental.

Menyebabkan kesepian

Cemburu akut menyebabkan pasangan merasa sangat tidak nyaman dan terganggu. Yang akhirnya bisa pergi meninggalkanmu dan berpikir mencari pengganti yang lebih baik.

Ujung-ujungnya kesepian melanda akibat ditinggal pasangan karena terlalu cemburu buta.

Comments

Popular posts from this blog