5 Trik Jualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Menjalankan bisnis online terutama di media sosial saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan sekarang bisnis online mulai menggeliat dan merangkak naik di negara kita pada era digital ini.

Para pedagang offline pun tak ingin ketinggalan, sehingga saat ini para pedagang offline pun banyak yang memakai cara online, selain offline.

Seperti yang saya lihat di facebook dan instagram banyak sekali teman di friend list saya dari hari ke hari makin banyak yang mulai jualan.

Kebanyakan yang dijual adalah produk-produk kecantikan, kesehatan dan pakaian, bahkan juga makanan siap saji yang bisa melayani pesan antar.

Cara meningkatkan penjualan di toko online

Seperti halnya dalam bisnis offline, bisnis online pun semakin banyak penjual dan semakin banyak barang yang dijual, maka akan semakin tinggi tingkat persaingannya.

Untuk mengantisipasi supaya tidak kalah dalam persaingan bisnis online di sosial media, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar toko online tak sepi pengunjung yang admin rangkum dari berbagai sumber.

Anda tertarik...? Yuk simak tipsnya di bawah ini

>> Ikut Bergabung Dengan Komunitas Penjual

Cara yang paling tepat untuk mengupgrade skill penjualan kita adalah dengan ikut bergabung di komunitas penjual.

Hal ini sangat penting, karena dengan bergabungnya di komunitas penjual, kita akan banyak mendapatkan ilmu, baik itu berupa tips, trik atau cara promosi yang tepat untuk diterapkan saat ini.

Dari sini kita juga bisa tahu prospek bisnis apa yang bisa kita jalankan di tahun depan, mendapat pengalaman baru dan tentunya bisa memperluas jaringan.

Dengan bergabungnya di komunitas sesama penjual, maka akan banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan. Diantaranya :

Bisa saling bertukar informasi. Bergabung di komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dan disana tentu akan bertemu dengan orang-orang lebih tinggi ilmu, pengalaman dan wawasannya sehingga bisa menjadi kesempatan untung saling bertukar pikiran dan menyerap pengetahuan baru dari mereka.

Menguatkan tekad. Dalam komunitas ini pertukaran informasi akan terjadi antar sesama anggota, sehingga anda akan terus update dengan perkembangan bisnis rekan-rekan anda di komunitas. Hal ini seharusnya bisa meningkatkan motivasi dan tekad untuk terus melanjutkan bisnis anda.

Bertemu partner bisnis. Siapa tahu di komunitas tersebut anda bertemu rekan yang memiliki bisnis yang bisa menguatkan usaha anda. Misalnya saja jika anda memiliki usaha di bidang konveksi dan di komunitas bertemu dengan rekan yang menjual kain grosiran dengan harga miring. Maka hal ini bisa menjadi kesempatan untuk bekerjasama dan saling menguatkan bisnis.

Bertemu dengan pemodal. Siapa tahu dengan bergabungnya di komunitas, anda bertemu dengan orang yang bersedia menjadi calon pemodal bisnis anda. Mereka akan merasa lebih yakin menggelontorkan dana kepada rekan-rekan yang satu komunitas, apalagi jika anda sudah memiliki kedekatan secara personal.

>> Gunakan Sistem Pre-Order

Saat ini sebagian pebisnis online sudah banyak yang menerapkan sistem pre-order (PO) di toko online mereka dengan tujuan supaya tetap bisa melakukan produksi dan promosi meski modalnya sangat terbatas.

Dengan cara ini kita bisa mendapatkan pembayaran di awal. Sehingga kita bisa membeli barang yang dibutuhkan terlebih dahulu serta mengoptimalkan strategi pemasaran toko online yang kita miliki.

Dengan sistem pre order seperti ini, si penjual tidak menyediakan barang terlebih dahulu dan si pembeli biasanya membayar uang DP 50% nya dia awal sebagai tanda jadi. Dan si pembeli akan melunasi sisanya saat barang sudah tersedia.

Biasanya penjual akan memberikan tenggang waktu sekitar 2-3 minggu sampai barang tersedia.

Keuntungan menggunakan sistem pre order ini yaitu :

》 Penjual barang dengan sistem PO ini tidak akan merasa khawatir jika barangnya tidak laku dijual. Karena pengadaan jumlah barang sesuai dengan jumlah pesanan dari pembeli. Sehingga dari sistem ini tidak perlu adanya stok barang.

》Dengan sistem ini si penjual tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk pengadaan barang. Hal ini karena modal yang dikeluarkan oleh penjual sama dengan jumlah pemesanan yang ada. Sehingga dengan cara ini bisa meminimalisir kerugian.

》 Dengan cara ini terkadang pembeli dapat melakukan pemesanan sesuai yang mereka inginkan.

Adapun kerugian menggunakan sistem PO, yaitu :

》Tenggang waktu datangnya barang ke tangan pembeli memakan waktu cukup lama. Sehingga dalam hal ini si pembeli harus cukup bersabar menunggu barang yang mereka inginkan.

》Dalam sistem ini ada kemungkinan terjadi kehabisan stok atau out of stock. Jika hal ini terjadi, maka si penjual harus mengembalikan lagi uang yang telah dibayarkan kepada si pembeli.

>> Menjual Produk yang Memiliki Nilai

Meskipun produk kita sudah banyak dijual di pasaran, tapi bisa kita akali supaya bisa tampil beda dan produk terlihat lebih bernilai di mata konsumen.

Contohnya saja, kita bisa mengganti bungkus kemasan produk dengan kemasan yang lebih menarik atau bisa juga membubuhkan label brand kita pada kemasan produk tersebut.

Cara ini bisa meningkatkan nilai jual di mata konsumen meski terlihat sederhana.

Contoh real nya seperti ini. Seandainya anda ingin menjual keripik singkong. Keripik singkong ini telah banyak dijual dimana-mana bahkan banyak variasi rasanya.

Nah, jika kita ingin memproduksi sendiri, pilihlah singkong yang berkualitas supaya hasilnya baik. Lalu cobalah untuk berkreasi di rasanya supaya agak berbeda dari produk lain yang sudah ada dijual di pasaran.

Buat kemasan produk semenarik mungkin sehingga jika orang melihatnya, maka matanya akan tertuju pada kemasan produk anda dengan rasa penasaran. Lalu bubuhkan brand anda dalam kemasan produk tersebut.

Jika anda belum bisa memproduksi keripik singkong sendiri, maka carilah produsen keripik singkong yang sudah terjamin kualitas produksinya.

Beli secara kiloan, lalu kemas kembali dengan kemasan menarik yang telah anda buat. Dan tempel brand anda di kemasan tersebut.

Lebih mudah bukan...?!!

>> Cobalah Menggunakan Website Untuk Promosi

Jangan hanya berfokus di situs jejaring media sosial saja, tetapi kita bisa juga sesekali melihat laju lalu lintas di mesin pencari Google.

Karena selain di media sosial, calon pembeli biasanya jika tidak menemukan barang yang mereka cari, maka mereka akan mencarinya melalui mesin pencari Google.

Ini merupakan sebuah peluang untuk dilirik. Siapa tahu barang yang mereka cari tersedia di toko anda. Jika pemilik usaha atau bisnis tidak memiliki website di masa sekarang, maka anda akan banyak kehilangan peluang besar dalam bisnis anda.

Website ini bisa menjadi media strategi pemasaran global, sehingga cakupan bisnis anda menjadi lebih luas dibandingkan dengan toko offline saja.

Disini kita bisa memanfaatkan website e-Commerce sebagai media promosi toko online kita supaya bisa meningkatkan jumlah pengunjung.

Website e-commerce yaitu merupakan website yang digunakan untuk menyediakan/menjual barang secara online sehingga calon pembeli bisa memilih/menemukan dan membeli barang yang mereka cari secara online.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari website e-commerce ini.

Menjangkau pelanggan baru yang cakupannya lebih luas melalui mesin pencari.

Biasanya toko offline jangkauan pelanggannya tidak terlalu luas karena batasan masalah geografis.

Sedangkan dengan adanya toko online melalui e-commerce, maka cakupan untuk bisa mendapatkan pelanggan baru bisa jauh lebih luas karena tidak ada batasan geografis. Ini bisa jadi peluang besar untuk meningkatkan bisnis yang sudah dijalankan secara offline.

Toko buka selama 24 jam dalam seminggu. Hal ini sangat berbeda dengan toko offline yang mana toko tersebut waktunya terbatas. Sedangkan toko online buka sepanjang waktu setiap saat.

Hal ini cukup menguntungkan baik dari pihak penjual maupun pembeli. Bagi si penjual, website e-commerce ini bisa jadi lahan untuk meningkatkan jumlah pesanan dan penjualan barang yang mereka terima.

Sedangkan keuntungan bagi si pembeli, mereka tidak perlu repot-repot keluar rumah, panas-panasan dan macet-macetan di jalan. Mereka cukup memesan barang yang mereka cari hanya dengan memegang smartphone.

Hemat biaya. Jika dibandingkan dengan jualan di sosial media atau membuat website pribadi, membuat website e-commerce agak sedikit mahal.

Tapi jika dibandingkan dengan membuat toko offline, toko online ini bisa menjadi investasi yang perlu diperhitungkan. Karena toko online ini tidak membutuhkan pembuatan toko fisik atau sewa tempat dan gudang untuk penyimpanan barang.

Dan juga website e-commerce ini jika dibandingkan dengan jualan di sosial media, jangka waktunya jauh lebih lama. Sosial media ini terkadang akan berganti seiring berubahnya tren di masyarakat.

Sedangkan website e-commerce akan tetap menjadi rumah usaha bagi anda selama usaha anda tetap berjalan. Bahkan website ini akan menjadi pelengkap bagi toko offline anda.

Namun jika anda tidak memiliki website e-commerce pribadi, mungkin anda bisa mencoba bergabung di website e-Commerce penyedia lapak seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dll.

>> Riset Pasar

Riset pasar merupakan hal yang paling penting. Karena disini kita akan benar-benar melihat dan tahu produk apa yang dibutuhkan dan paling banyak dicari oleh konsumen.

Sehingga kita bukan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar saja, sedangkan tidak tahu alasannya kenapa kita menjual produk tersebut.

Untuk melakukan riset pasar, berikut adalah 4 cara terbaik untuk melakukan riset pasar menurut Tom MC Ifle :

Lakukan survey pasar. Untuk bisa mengetahui kondisi pasar, maka anda bisa melakukan survei melalui quisioner, angket ataupun melakukan wawancara secara langsung.

Dari hasil survei ini maka anda akan mengetahui kebutuhan atau minat konsumen saat ini. Tentu saja, semakin berkembangnya waktu maka kebutuhan konsumen pun akan berubah.

Amati perkembangan pasar. Riset juga bisa anda lakukan dengan cara melihat kondisi pasar.

Setiap waktunya perkembangan pasar akan selalu berubah bersamaan dengan munculnya trend baru. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum mengeluarkan produk.

Perhatikan tingkat persaingan pasar. Persaingan dalam dunia bisnis akan tetap selalu ada. Dengan mengetahui perkembangan persaingan pasar, maka anda bisa mengimbangi persaingan yang ada.

Dan jika sudah bisa mengimbangi, maka anda tinggal memikirkan bagaimana caranya supaya anda bisa lebih unggul dari kompetitor anda dalam persaingan pasar tersebut .

Lakukan uji coba pasar. Uji coba produk anda di pasaran ini perlu dilakukan sebelum anda benar-benar mengeluarkan produk di pasaran.

Cara simple nya anda bisa mencoba menitipkan produk anda di warung-warung terdekat.

Jika kurang ada respon dari masyarakat sebagai konsumen, maka ada baiknya anda evaluasi dan perbaiki produk sebelum anda benar-benar memasarkan produk anda di pasaran.

Nah itulah 5 tips untuk meningkatkan penjualan toko online supaya bisa meningkatkan nilai jual yang bisa admin suguhkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Mudah-mudahan jualan online nya bisa melejit naik drastis dan mendapat keuntungan besar.

2 comments

  1. Wah artikelnya sangat menarik mas Arif, layak untuk dicoba ne...

    Mas bisakah kasih contoh kongkrit dari pernyataan ini"

    Contohnya saja, kita bisa mengganti bungkus kemasan produk dengan kemasan yang lebih menarik atau bisa juga membubuhkan label brand kita pada kemasan produk tersebut.

    Terutama pada kata "label brand"

    Maksudnya bagaimana mas Arif, jika boleh. Sertai dengan contoh...

    Maaf mas banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lama balasnya ya mas. Sy baru online lg.

      Untuk jawabannya sudah saya tambahkan di artikel yaa...

      Delete