Inilah 8 Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menghasilkan Uang

Di zaman yang serba modern saat ini, apalagi setelah munculnya smartphone baik itu android maupun iOS milik Apple, maka banyak peluang yang bisa kita temukan di dunia maya ini.

Ada banyak yang mungkin tidak kita pikirkan atau mungkin terbersit dalam hati bagaimana caranya memanfaatkan internet dan kuota internet supaya tidak terbuang sia-sia. Dan bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi uang ke rekening.

Sebenarnya jika ditekuni, ada beberapa banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan uang di internet bahkan bisa dikatakan meskipun memiliki minim modal yaitu dengan melakukan bisnis online. Modalnya hanya kemauan, smartphone android atau iOS dan kuota internet.

Bisnis online tanpa modal

Beberapa keunggulan yang bisa didapat dari bisnis online ini yaitu dapat dilakukan dimana saja, tanpa batasan waktu dan jarak sehingga jangkauan lebih luas, dan bisa dilakukan meskipun minim modal atau bahkan tanpa modal usaha sama sekali.

Penasaran bukan? Nah berikut saya bagikan ide-ide bisnis online yang bisa anda lakukan meskipun dengan modal minim sekalipun tapi dijamin menguntungkan. Asal punya kemauan dan ketekunan dalam menjalaninya.

Perlu diingat bahwa yang namanya usaha tak ada yang mudah. Semuanya butuh perjuangan, pengorbanan dan kesabaran dalam menjalaninya.

1. Reseller atau dropshipper

Bisnis yang satu ini paling banyak diminati dan paling banyak dilakukan di internet. Sebenarnya ada beberapa perbedaan antara reseller dan dropshipper.

Menurut dari cara kerjanya, reseller membeli dulu barang dari suplier (nyetok barang) kemudian dia menjual kembali kepada konsumen. Sedangkan dropshipper, mereka hanya meminta katalog saja pada suplier.

Jika ada orderan, maka dia akan memberitahukan pada suplier, dan suplier lah yang akan mengurus packing dan pengiriman dengan menggunakan alamat si dropshipper.

Untuk menjadi reseller atau dropshipper caranya hanya tinggal mencari tahu daftar suplier yang memiliki kualitas produk yang bagus dan banyak diminati atau dicari oleh calon konsumen.

Jika sudah mendapatkannya anda tinggal minta katalognya, tanya-tanya selisih keuntungan yang didapat dari jualan produk tersebut lalu tinggal action dengan berjualan menawarkan produk, baik di media sosial ataupun di website marketplace seperti lazada, shopee, tokopedia, dll.

Anda juga bisa mempromosikan produk tersebut di toko online anda jika memilikinya. Dan jangan lupa untuk mengetahui trik jitu supaya bisa meningkatkan penjualan bisnis online anda.

2. Blogger

Punya blog dan juga hobi menulis? Jika iya, maka hobi ini bisa dijadikan sumber pendapatan tambahan yang jika ditekuni dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan pundi-pundi uang yang bisa mencapai jutaan rupiah per bulan.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog ini perlu ketekunan dan kesabaran yang ekstra. Karena bagi blogger pemula hal yang paling sulit itu adalah mendapatkan banyak traffic pengunjung ke blog dan terkadang didatangi rasa malas untuk posting.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tersebut? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan blog atau website anda ke program Google Adsense atau menjual jasa review suatu produk.

Untuk mendaftar ke google adsense ada beberapa cara atau trik supaya mudah diterima oleh google adsense. Hal ini sangat mudah jika anda sudah tahu caranya.

Ada banyak sekali orang yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dari Google Adsense bahkan hanya dari 1 blog saja.

Hanya saja ya itu, syaratnya pengunjung blognya harus banyak juga. Karena penghasilan dari Google Adsense sangat bergantung pada banyaknya pengunjung blog atau website.

3. Jasa pembuatan website

Pada zaman sekarang ini website begitu penting apalagi bagi pemilik usaha untuk mempresentasikan profil perusahaan sekaligus memperkenalkan produk mereka.

Dengan adanya website tampilan profesioanal yang mempresentasikan usaha mereka membuat mereka dan produk mereka lebih dipercaya.

Ini merupakan peluang emas yang cukup menjanjikan bagi para webmaster yang sudah jago bikin website.

Penawaran pembuatan website ini bisa ditujukan kepada pengusaha kelas kecil dan menengah, pemerintahan, perusahaan dalam negeri maupun perusahaan luar negeri.

4. Vlogger

Menjadi seorang vlogger sedang ngehits dikalangan generasi milenial saat ini. Mulai dari artis ibukota sampai remaja di kampung-kampung banyak yang terjun ke dunia vlog ini.

Vlog ini hampir sama dengan blog. Vlog merupakan kepanjangan dari video blog. Jadi kalau blog kontennya isinya berbentuk tulisan. Sedangkan vlog kontennya berisi video.

Untuk menjadi seorang vlogger sebenarnya tidak terlalu susah. Hanya butuh keberanian, rasa percaya diri tinggi, kreatif dan memiliki kemampuan mengedit video.

Tema yang dibahas dalam vlog pun beragam. Bisa membahas tentang travelling, kuliner, review tempat atau produk.

Peralatan untuk bisa menjadi seorang vlogger pun tidak terlalu sulit. Jika anda tidak memiliki kamera terbaik untuk shot nya, maka bisa memanfaatkan kamera smartphone.

Mengunggah hasil videonya pun gratis. Hanya tinggal unggah ke Youtube dan daftarkan channel ke Google Adsense.

Jika banyak pengunjung dan penonton video hasil karya anda tiap harinya, maka tidak menutup kemungkinan uang jutaan rupiah tiap bulan akan mengalir kepada anda.

4. Jasa penerjemah online

Bisnis menjadi penerjemah online hanya membutuhkan skill penguasaan bahasa asing. Jika ada menguasai satu atau bahkan beberapa bahasa asing, maka pekerjaan ini cocok dijadikan sampingan.

Nyatanya sekarang ini masih banyak perusahaan-perusahaan dalam negeri yang bekerjasama dengan perusahaan asing belum memiliki penerjemah yang full time.

Mereka membutuhkan orang yang bisa menerjemahkan dokumen-dokumen penting mereka. Ini bisa dijadikan sebagai peluang.

Untuk memulai usaha ini bisa dilakukan kecil-kecilan dulu dengan menawarkan jasa penerjemah kepada kawan, tetangga atau keluarga. Dan juga promosikan diri di internet.

Hal ini sangat berguna untuk portofolio suatu saat nanti untuk menawarkan jasa ke perusahaan besar.

5. Tutor online

Saat ini banyak sekali orang yang ingin bisa sesuatu tapi karena kesibukan rutinitas hariannya membuat ia tak sempat untuk mengikuti suatu kursus.

Keadaan ini bisa dijadikan peluang usaha bagi yang memiliki dan menguasai suatu keahlian yaitu menjadi tutor online. Karena dengan adanya internet menjadi seorang tutor pun bisa dilakukan dimana saja.

Untuk menjadi tutor online ini tidak membutuhkan modal. Hanya saja butuh penguasaan terhadap suatu ilmu yang dibutuhkan oleh calon klien saja.

6. Penulis lepas artikel

Punya hobi menulis bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan dari internet. Saat ini banyak sekali situs-situs baru yang membutuhkan artikel-artikel supaya bisa muncul di mesin pencari Google.

Ini bisa dijadikan kesempatan untuk anda yang hobi menulis mengajukan jasa pembuatan artikel untuk situs website mereka yang membutuhkan.

Bagi seorang pemula mungkin bayarannya tidak begitu terlalu besar. Tapi jika anda sering membuat artikel yang bagus dan profesional, maka tidak menutup kemungkinan satu artikel akan diberi harga hingga ratusan ribu rupiah.

Makin panjang artikel, maka makin mahal. Dan yang pastinya untuk artikel yang menggunakan bahasa Inggris bisa dibayar jauh lebih mahal dibandingkan dengan artikel yang berbahasa Indonesia.

Sebagai permulaan karir anda menjadi penulis lepas bisa ikut bergabung di situs-situs yang menyediakan jasa menulis lepas.

Supaya menjadi bahan pertimbangan klien, coba lampirkan beberapa tulisan anda supaya memiliki nilai jual.

7. Menjual foto secara online

Mempunyai hobi di bidang fotograpi dan memiliki koleksi foto-foto yang keren pun bisa menghasilkan uang dari internet. Apalagi jika ditambah dengan memiliki keahlian mengedit foto.

Sebagai permulaan jika anda tidak memiliki kamera bagus, setidaknya anda bisa memanfaatkan kamera smartphone anda.

Jika hasil foto-foto anda sudah terlihat profesional maka bisa dijual di situs-situs penyedia foto yang berbayar.

Saat ini banyak sekali situs penyedia foto berbayar yang mana jika kita mengunduh foto di situs tersebut maka harus membayar dengan sejumlah uang tertentu. Misalnya saja situs website Shutterstock.

8. Jasa desain grafis online

Jika anda memiliki keahlian dalam desain grafis, tak ada salahnya kan memanfaatkan teknologi internet untuk dijadikan jalan untuk menghasilkan uang.

Banyak sekali orang saat ini membutuhkan jasa desain grafis. Ini bisa jadi peluang besar. Karena dari satu desain saja bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika sudah profesional.

Bagi pemula, mungkin bisa mulai mencoba dengan bergabung di marketplace penyedia jasa desain grafis. Untuk awal-awal jangan terlalu pilih-pilih. Jadikan itu sebagai pengalaman untuk portofolio di masa depan.

Jika sudah merasa ahli dan profesional anda bisa membuat jasa desain grafis online sendiri.

Itulah beberapa bisnis online yang bisa anda lakukan tanpa modal dengan memanfaatkan jaringan internet di era modern ini. Ingat ya, meskipun tanpa modal, tapi tetap modal utama adalah memiliki keahlian.

Semoga bermanfaat....

Post a Comment