Perbedaan Smartphone Docomo Dan Global

Pada postingan kali ini saya akan coba membahas tentang perbedaan smartphone docomo dan global.

Kita biasanya sering menemukan label docomo kebanyakan di ponsel merk Sony. Meskipun sebenarnya banyak juga di merk ponsel lain seperti Samsung, LG, Fujitsu, dll. Hanya saja merk lain kurang begitu familiar di Indonesia.

NTT Docomo sendiri merupakan salah satu operator selular terbesar yang berada di negeri sakura, Jepang. Docomo ini sama seperti operator selular di negeri kita yaitu Telkomsel,  XL, Indosat, Smartfren, dll.

Mungkin bagi sebagian orang yang belum tahu bahwa smartphone yang ada label docomo menganggap bahwa ponsel tersebut adalah ponsel kw atau replika.

Perbedaan sony docomo dan global

Sebenarnya bahwa ponsel docomo yang beredar di negeri kita, khususnya Sony adalah ponsel asli, bukan kw. Hanya saja ponsel tersebut merupakan ponsel bundling. Sama halnya seperti di negeri kita yaitu Smartfren.

Berikut adalah beberapa perbedaan serta kelebihan dan kekurangan smartphone docomo dan global yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan ponsel docomo

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan jika membeli smartphone yang docomo dibandingkan dengan yang global.

Harga lebih murah

Salah satu kelebihan jika membeli samrtphone yang berlabel docomo yaitu harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan smartphone versi global.

Misalnya saja jika ponsel Sony Xperia yang global seharga 2 jutaan, maka ponsel Sony Xperia versi docomo harganya hanya sekitar 1 jutaan. Perbedaan harganya lumayan cukup jauh.

Memiliki spek lebih tinggi daripada ponsel global

Dan kelebihan lain dari ponsel docomo ini yaitu spesifikasi yang dimilikinya lebih tinggi daripada ponsel global.

Biasanya yang sering terlihat dari perbedaan memorinya. Memori ponsel docomo lebih besar dibanding ponsel global.

Kekurangan ponsel docomo

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki ponsel docomo, yaitu :

Firmware tidak stabil

Firmware dari ponsel docomo ini tidak stabil sehingga terkadang membuat jaringan 4G tiba-tiba hilang. Berbeda dengan versi global yang mana firmware nya stabil dan sinyalnya kuat.

Fitur docomo tidak bisa dihapus

Dalam smartphone versi docomo ada beberapa fitur yang tidak bisa dihapus. Sehingga hal ini agak sedikit mengganggu.

Dan fitur-fitur aplikasi dari docomo tersebut tidak bisa digunakan di luar Jepang. Hal ini berbeda sekali dengan ponsel versi global yang mana aplikasinya bisa diakses dimana saja.

Susah untuk di root

Inilah salah satu kekurangan dari versi docomo bagi orang yang senang oprek/utak-atik hp. Ponsel versi docomo terkenal dengan device yang sulit untuk di root.

Mengganti sparepart susah

Jika ponsel versi docomo rusak maka akan sulit sekali menemukan sparepart nya. Sedangkan ponsel global sparepart nya akan mudah ditemukan.

Karena meskipun secara fisik terlihat hampir sama, tapi sebenarnya dalaman sofwarenya memiliki perbedaan.

Sistem unlock harus di Jepang

Sebenarnya docomo telah menyediakan sistem unlock supaya bisa digunakan di luar Jepang. Hanya saja untuk unlock sistem tersebut harus dilakukan di Jepang dengan cara meminta kode rahasia khusus kepada perusahaan docomo tersebut.

Untuk itu jika ingin membeli smartphone versi docomo harus yang sudah di unlock. Jika tidak maka akan percuma karena tidak akan bisa dipakai.

Itulah beberapa perbedaan antara smartphone global dan versi docomo. Mudah-mudahan postingan ini bisa menambah sedikit pengetahuan tenteng perbedaan kedua jenis ponsel tersebut.

Post a Comment